Review E-Book IT Service Management (ITSM)

Selamat datang kembali di blog Vern, pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah e-book atau electronic book berbentuk pdf tentang IT Service Management atau disingkat ITSM berjudul IT SERVICE MANAGEMENT yang ditulis oleh Ernest Brewster, Richard Griffiths, dan John Sansbury.



E-Book ini sendiri memiliki jumlah 241 halaman total dengan 4 bab utama dan 34 sub bab. Buku ini menjelaskan mengenai ITSM atau sebuah pedoman mengenai proses manajemen mengenai pengimplementasian layanan IT. Dengan membaca buku ini, maka para pembaca dapat memahami secara mendalam mengenai manajemen layanan IT dan juga dapat diterapkan kedalam perusahaan yang pembaca miliki atau tempat pembaca bekerja saat ini.

Pada BAB I, buku ini menjelaskan tentang penjelasan mengenai dasar dari manajemen juga penjelasan singkat mengenai ITIL framework, ITIL core, juga model dari ITIL service management. Pada BAB I ini, penjelasan yang diberikan akan menjadi dasar untuk mengerti secara mendalam mengenai apa itu ITSM.

Lanjut pada BAB II dengan judul "THE SERVICE LIFECYCLE", pada bab ini menjelaskan mengenai 5 buah kadiah utama dari ITIL yaitu  Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement. Hal yang dibahas di sini adalah tentang pengertian mengenai masing-masing bagian tersebut juga berbagai penjelasan lainnya seperti kegunaan dan tujuan, resikonya, dan lainnya yang tentu saja dapat membantu para pembaca untuk lebih memahami mengenai topik yang sedang dibahas.

Setelah itu pembaca akan masuk ke dalam BAB III yang berjudul "THE PROCESSES AND FUNCTION". Bab ini merupakan bab dengan sub bab terbanyak dibandingkan dengan bab yang lainnya dengan jumlah 26 sub bab. Banyak sekali hal yang dibahas di bab ini seperti manajemen relasi bisnis, manajemen finansial untuk layanan IT, manajemen permintaan, koordinasi design, dan lain sebagainya. Inti dari BAB III ini adalah mengenai manajemen baik pengertian, kegunaan, tujuan, metrik dan lainnya tentang berbagai hal yang berhubungan dengan ITSM itu sendiri, yang lengkapnya dapat pembaca lihat sendiri di e-book yang ada. Tentunya dengan lengkapnya penjelasan mengenai manajemen yang ada dapat sangat membantu pembaca dalam memahami cara memanajemen layanan IT dengan baik. Selain itu di sub bab terakhir terdapat tips untuk improvisasi dengan 7 langkah yang lengkapnya dapat dibaca oleh pembaca di halaman 191.

Masuk ke bab terakhir yaitu BAB IV dengan judul "MEASUREMENT, METRICS AND THE DEMING CYCLE". Dalam bab terakhir ini terdapat 3 sub bab yang membahas tentang pengukuran, metrik, dan lampiran. Singkatnya pembahasan dalam bab ini adalah pengkuruan adalah prasyarat untuk melakukan sebuah perkembangan, karena tanpa bisa mengkur maka kita tidak bisa tahu sudah sejauh apa kita berkembang, atau bahkan belum berkembang sama sekali.
Sedangkan, metrik sendiri adalah sesuatu yang dikur dan dilaporkan untuk membantu dalam mengelola sebuah proses. Metrik sendiri dalam e-book ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu : metrik teknologi, metrik proses, dan metrik servis.
Kemudian ada deming cycle yang ditemukan oleh W. Edwards Deming. Metode ini adalah sebuah metode untuk meningkatkan kualitas. "Jika ada proses, maka itu bisa diukur. Perubahan bisa dilakukan kepada proses tersebut dan dampak perubahan dinilai dengan pengukuran lebih lanjut." Begitulah kira-kira guna dari deming cycle ini. Deming Cycle terdiri dari 4 proses yang terus berulang yang terdiri dari : Act (Berindak), Plan (Rencana), Do (Lakukan), dan Check (Mengecek).

Kesimpulan yang bisa saya berikan mengenai e-book ini adalah e-book ini sangat cocok untuk dibaca bagi orang yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ITSM dan ITIL juga berbagai bagian-bagian yang ada di dalamnya, karena di e-book ini membahas semuanya dengan lengkap. E-book ini juga memiliki 241 halaman yang saya rasa tidak terlalu panjang dikarenakan lengkapnya bahasan yang ada didalamnya, tidak terlalu panjang dan berbelit-belit tapi juga tidak terlalu pendek hingga bahasan menjadi terbatas.  Kekurangan dari buku ini menurut saya hanyalah satu, yaitu penulisan yang menggunakan bahasa inggris, yang membuat orang yang tidak bisa atau belum bisa berbahasa inggris akan sedikit kesulitan untuk mengerti apa yang dibahas di dalam e-book ini. Terlepas dari tembok penghalang tersebut buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. "Lengkap dan mudah dipahami" itulah yang bisa saya gambarkan dari e-book ini.


Terima kasih sudah membaca review saya mengenai e-book dengan judul IT Service Management, A Guide for ITIL Foundation Exam Candidates, Second Edition by Ernest Brewster, Richard Griffiths, dan John Sansbury ini. Saya harap pembaca dapat menikmati tulisan ini juga berkenan untuk membaca e-book ini.


Sumber e-book : 

http://dina_agustin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.15


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITIL Dan ITSM Perusahaan Terkenal Dunia Meta