Framework ITIL Pada Instagram

Pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai pengertian ITIL dan juga penerapannya pada perusahaan Meta. Perusahaan yang menaungi anak perusahaan seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp di postingan ITIL Dan ITSM Perusahaan Terkenal Dunia Meta.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas ITIL secara lebih spesifik pada salah satu anak perusahan Meta yaitu Instagram.


Instagram?

Logo Instagram



Instagram merupakan aplikasi sosial media yang dinaungi oleh Meta. Instagram didirikan pada 6 Oktober 2010 (11 tahun lalu). Saat ini instagram sudah tersedia untuk Android, iOS, Web, dan juga Windows.

Instagram saat ini merupakan salah satu media sosial terbesar dengan pengguna aktif sekitar 1,393 miliar per bulannya. Instagram menjadi sebuah media sosial terbesar bukanlah tanpa alasan. Instagram adalah media sosial berbasis foto dan video yang tentu saja visual lebih menarik dibandingkan hanya sekedar teks saja. Instagram adalah tempat kita bisa berbagi berbagai foto-foto dan video milik kita yang bisa dilihat oleh orang lain. Selain itu instagram juga memiliki fitur-fitur menarik seperti adanya Instagram Story, yaitu sebuah tempat untuk mengupload foto atau video pendek selama 24 jam yang dipajang diatas home orang-orang yang memfollow kita.


ITIL?

Setelah kita mengenal apa itu Instagram, kita saat ini akan membahas apa itu ITIL beserta isinya.

Seperti yang sudah di bahas di postingan sebelumnya ITIL Dan ITSM Perusahaan Terkenal Dunia Meta, ITIL (IT Infrastructure Library) merupakan salah satu framework yang terkenal untuk penerapan ITSM. ITIL berfungsi sebagai panduan bagi sebuah perusahaan untuk mengadopsi ITSM dalam perusahannya. Dalam framework ITIL ini sendiri terdapat 5 inti utama yaitu : Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan yang terakhir Continual Service Improvement.

ITIL sendiri sudah mencapai versi 4 setelah perkembangan bertahun-tahun semenjak akhir tahun 1980. Dalam versi 4 ini tentu saja ada perkembangan dibandingkan versi sebelumnya, seperti :
  • Lebih memperhatikan Nilai, Hasil, Biaya dan juga Resiko
  • Mendifiniskan 4 dimensi manajemen layanan, dan
  • Adanya konsep baru yaitu Sistem Nilai Layanan ITIL

ITIL memiliki beberapa manfaat yaitu :
  • Mempercepat perusahaan menerapkan ITSM dalam perusahaan.
  • Memberikan layanan TI yang baik bagi perusahaan.
  • Memastikan bahwa TI yang diadopsi sesuai bagi perusahaan

Penerapan ITIL Pada Aplikasi Instagram


Sekarang kita akan membahas penerapan ITIL pada aplikasi Instagram. Penerapan yang dimaksud ini adalah bagaimana penerapan yang dilakukan Instagram sesuai dengan 5 inti utama yang sudah disebutkan sebelumnya, dimulai dari yang pertama.

1. Service Strategy

Service strategy atau dalam bahasa Indonesia Strategi Layanan adalah strategi atau cara yang dilakukan untuk menerapkan layanan yang ada. Dalam Instagram sendiri strategi yang dilakukan adalah dengan memberikan berbagai layanan dalam satu aplikasi seperti adanya fitur chat, berbagi foto, call, video call, story dan lainnya dalam satu aplikasi.

Dengan memberikan banyak fitur dalam satu aplikasi membuat orang-orang akan menghabiskan waktu lebih lama di Instagram. Selain itu dengan beragamnya fitur yang disediakan oleh Instagram, Instagram berharap bahwa para pengguna menjadikan aplikasinya sebagai pilihan aplikasi, yang digunakan untuk berbagai hal berkat lengkapnya fitur yang dapat membuat kita cukup menggunakan Instagram untuk berbagai kebutuhan.

Jadi strategi layanan yang dilakukan oleh Instagram adalah menyediakan banyaknya fitur yang sangat lengkap seperti berbagi foto, chat, call dan video call, berbagi cerita, bahkan iklan. Instagram berharap dengan lengkapnya fitur dalam aplikasi membuat orang lebih memilih menggunakan aplikasi Instagram untuk berbagai dibandingkan aplikasi lainnya.


2. Service Design

Service design atau Desain Layanan adalah bagaimana design dari layanan yang disediakan oleh Instagram diterapkan. Instagram selalu membuat UI atau User Interface yaitu tampilan dari aplikasinya selalu update dengan tren design yang ada, contohnya adalah seperti perubahan logo instagram.


Perubahan logo Instagram



Seperti yang kita ketahui, tren design saat ini adalah design yang simpel. Hal itulah yang dilakukan oleh instagram yang membuat orang-orang yang melihatnya menjadi lebih tertarik dengan warna-warna cerah yang digunakan, selain itu dengan selalu update dengan tren design membuat Instagram tidak terlihat seperti aplikasi jadul.

Selain itu penempatan menu yang ada di Instagram juga sangatlah baik. Pengguna dapat meraih menu-menu yang ada dengan mudah, juga mudah dilihat serta diakses. Hal ini membuat pengguna baik baru maupun lama dapat dengan mudah nyaman dalam menggunakan Instagram karena penempatan yang baik. Contohnya adalah seperti pesan yang ada dikanan atas, perpindahan menu home ke explore, profil terdapat dibawah, dan story terdapat di bagian atas home.


Homepage Instagram



Selain pembahasan mengenai UI Instagram yang luar biasa tersebut, Instagram juga menyediakan personalisasi yaitu adalah suatu fitur atau algoritma dimana postingan yang muncul di explore adalah postingan atau foto yang berhubungan atau sejenis dengan yang biasa kita like atau suka. Contohnya adalah ketika kita me-like foto berhubungan dengan masakan beberapa kali, maka postingan yang akan muncul di eksplor adalah yang berhubungan tentang masakan. Hal ini dapat berubah-ubah sesuai kondisi yang di like oleh pengguna.

Instagram ingin aplikasi mereka dapat lebih dekat secara personal dengan pengguna mereka. Instagram mau pengguna dapat merasa nyaman dan terhubung dengan instagram berkat personalisasi ini dan bukan hanya menampilkan postingan acak kepada pengguna.



3. Service Transition

Service Transition atau bisa diartikan sebagai Transisi Layanan adalah transisi atau perpindahan layanan yang ada. Dalam kasus Instagram sendiri adalah Instagram awalnya didesign untuk iOS pada 2010, kemudian dengan berkembangnya teknologi dan android semakin terkenal, Instagram mulai melebarkan sayapnya ke sistem operasi Android juga pada tahun 2012. Selain itu dengan banyaknya pc Instagram juga menyediakan versi web dan desktop dari aplikasinya untuk meluaskan pasarnya.


4. Service Operation

Untuk Service Operation atau Operasi Layanan ini, Instagram sebelum melakukan update fitur dan sebagainya, Instagram memiliki tim pengetes bug untuk memastikan bahwa update yang dilakukan dapat diterapkan dengan baik dan dengan bug seminimal mungkin. Setelah lolos tes bug, Instagram tidak langsung meluncurkan fitur barunya ini kepada semua pengguna, melainkan hanya beberapa pengguna tertentu yang acak. Setelah mendapatkan respon atau feedback yang baik dari pengguna yang sudah mencoba fitur barunya terlebih dahulu, barulah Instagram melakukan penerapan fitur baru tersebut kepada semua pengguna Instagram.

Untuk masalah bug dan feedback, Instagram sendiri memiliki tempat untuk pelaporan masalah/bug, FAQ (Frequently Asked Question), dan juga pusat bantuan.


5. Continual Service Improvement

Continual Service Improvement atau Peningkatan Layanan Berkesinambungan adalah bagaimana layanan tersebut dapat terus di update berkelanjutan. Instagram sendiri terus meningkatkan layanan yang dimiliki dengan cara seperti menambah fitur, meningkatan keamanan, terus mengubah design agar sesuai dengan tren, melakukan update keseluruhan dan juga sebagainya. Dengan dilakukannya hal tersebut, Instagram dapat terus mengikuti jaman dan terus diminati oleh para pengguna.



Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITIL Dan ITSM Perusahaan Terkenal Dunia Meta