Layanan Sistem Informasi Dari Pos Indonesia

Pos Indonesia, semua orang setidaknya pasti pernah mendengar ataupun melihat Pos Indonesia dalam hidunya. Tapi, mungkin sebagian besar dari kita belum pernah mencoba layanan Pos Indonesia walaupun Pos Indonesia sudah ada sejak lama sekali. Oleh karena itu, disini kita akan membahas mengenai Pos Indonesia dan juga apa yang Pos Indonesia lakukan untuk meningkatkan layanan digitalnya.

Pos Indonesia ?



Sebelum membahas layanan yang diberikan Pos Indonesia, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Pos Indonesia. 

PT. Pos Indonesia (Persero) atau yang biasa dikenal Pos Indonesia adalah salah satu Badan Usaha Milik negara (BUMN) yang bergerak di layanan pengiriman atau pos. Pos Indonesia didirikan pada 26 Agustus 1746 (275 tahun lalu) dan diresmikan pertama kali oleh Gubernur Jendral VOC bernama Gustaaf Willem baron van imhoff di Batavia.

Hingga saat ini, kepemilkan sahan Pos Indonesia sepenuhnya dimiliki Pemerintah Indonesia. Pos Indonesia tentu saja terus berkembang, saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani pos tetapi juga jasa pos, kurir barang, keuangan dan masih banyak lainnya. Dilansir dari Wikipedia, saat ini Pos Indonesia sudah memiliki 4000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos di seluruh Indonesia.


Pos Aja!




Pos Indonesia yang sudah berumur lebih dari 200 tahun pastinya harus membuat sebuah inovasi demi mempertahankan eksistensinya di dunia pengiriman di Indonesia. Sesuai dengan pernyataan itu Pos Indonesia melakukan sebuah inovasi di ulang tahunnya yang ke-247 (2021) dengan membuat Pos Aja!, yaitu sebuah aplikasi mobile yang berisikan layanan yang dapat dilakukan oleh Pos Indonesia.


Mari kita bahas apa saja layanan yang ada di aplikasi Pos Aja!

Lacak Paket

Sebelum kita melakukan pendaftaran atau login, saat masuk ke aplikasi Pos Aja! kita dapat mengecek paket yang sedang dikirimkan dengan nomor resi ataupun dengan barcode. Dengan adanya fitur ini, para pengguna dapat dengan mudah mengecek dimana paketnya berada tanpa harus login terlebih dahulu ke dalam aplikasi.


Pos Instan dan Pos Instant Plus

Pos Instan dan Pos Instan Plus adalah salah satu layanan yang ada di aplikasi Pos Aja! milik Pos Indonesia. Layanan ini adalah layanan pengiriman paket dalam 1 hari di dalam kota yang sama. Kedua layanan ini memiliki kelebihan yang sama yaitu : dapat dilacak, free pickup, tersedia cod, dan tersedianya asuransi. Perbedaan dari Pos Instan dengan Pos Instan Plus adalah Pos Instan Plus tidak memiliki batas berat dan waktu pengiriman maksimal hanya 3 jam, sedangkan Pos Instan memiliki batas berat 10 kg dan waktu pengiriman maksimal hingga 9 jam.


Pos Express

Pos Express merupakan fitur layanan yang disediakan di dalam aplikasi Pos Aja!. Fitur ini adalah layanan pengiriman barang antar kota provinsi yang akan dikirimkan pada H+1 atau keesokan harinya. Batas berat yang ada pada layanan ini adalah seberat 30 kg. Selain itu juga mendapatkan layanan free pickup, tersedianya COD dan juga asuransi.


Pos Kilat Khusus

Pos Kilat Khusus adalah layanan dari Pos Indonesia yang juga ada dalam aplikasinya yaitu Pos Aja!. Pos Kilat Khusus adalah layanan pengiriman barang antar kota kabupaten dengan rentang waktu pengiriman H+2 hingga H+4 atau bisa disebut 2 hari hingga 4 hari setelah pengiriman dilakukan. Untuk layanan Pos Kilat Khusus, Pos Indonesia memberikan batas berat barang mencapai 50 kg. Sama dengan layanan pengiriman lainnya, tersedia fitur free pickup, COD, dan juga tersedianya asuransi.


Free Pickup dan COD

Seperti yang telah disampaikan pada keempat layanan pengiriman diatas, dengan menggunakan aplikasi Pos Aja! buatan Pos Indonesia ini, pengguna mendapatkan fitur free pickup yaitu paket akan diambil di rumah sang pengirim tanpa dikenai biaya tambahan, dan juga COD yaitu pembayaran dapat dilakukan setelah barang sampai tanpa harus membayar terlebih dahulu, yang membuat pelanggan tidak perlu khawatir barang tidak sampai dan uang tidak kembali.


Layanan-layanan yang telah dijelaskan diatas merupakan layanan berbasis teknologi yang dimiliki oleh Pos Indonesia melalui aplikasi mobile buatannya bernama Pos Aja!. Dengan adanya aplikasi ini sangat memudahkan bagi para pengguna untuk mengirim barang dengan lebih mudah tanpa harus datang ke kantor pos. Walau masih banyak kekurangan yang dimilikinya, tetapi ini merupakan langkah yang sangat tepat yang diambil oleh Pos Indonesia.


Pendapat penulis :

Penulis disini sudah mencoba men-download aplikasi Pos Aja! dari Play Store, tetapi saat meminta kode verifikasi melalui SMS, aplikasi Pos Aja! tidak pernah mengirimkan kode tersebut. Hal tersebut menurut saya sangat fatal dimana kita hampir tidak bisa menggunakan layanan dari aplikasi Pos Aja! tanpa login.

Menurut saya bagian itu harusnya segera diperbaiki karena ini sangat krusial mengingat kita sebagai pengguna perlu login sebelum dapat menggunakan layanan antar barang. 

Penulis harap Pos Indonesia dapat segera memperbaiki masalah tersebut.


Terima kasih sudah membaca postingan saya. Silahkan baca postingan saya lainnya disini


Referensi :

https://posindonesia.alber.id/2021/03/jenis-jenis-layanan-pengiriman-paket-di.html

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4351730/lewat-aplikasi-digital-pt-pos-indonesia-sasar-pasar-milenial

https://www.posindonesia.co.id/id/content/aplikasi-posaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITIL Dan ITSM Perusahaan Terkenal Dunia Meta